S1 Teknik Mesin

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas IBA berdiri sejak tahun 1989, hingga saat ini telah banyak menghasilkan sarjana teknik yang bekerja di dunia industri. Program Studi Teknik Mesin bertujuan mendidik mahasiswa dalam pengembangan sikap dan memiliki keterampilan dalam bidang Teknik Mesin sehingga mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK.

Program Studi Teknik Mesin saat ini terakreditasi B, dengan memiliki 3 konsentrasi bidang keahlian (KBK), yaitu: KBK Konversi Energi, KBK Pembentukan & Material dan KBK Perancangan & Manufaktur.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Jalur Reguler - Reguler

Reguler

20 Mei 2024 - 30 September 2024

Biaya Daftar Rp. 450.000

Prospek Karir

Supervisor, Controller, Process/Production Engineer, Pengusaha, Akademisi.

Materi Pembelajaran

Dasar pengetahuan teknik mesin adalah pengetahuan dasar sains yaitu Matematika dan Fisika. Mata kuliah untuk pengembangan sikap seperti Pengantar Teknik Mesin, Pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan. Ilmu Teknik Mesin akan didapatkan dalam mata kuliah seperti Menggambar Mesin, Kinematika & Dinamika Mesin, Statika Struktur, Material Teknik, Mekanika Kekuatan Material, Metalurgi Teknik, Proses Manufaktur, Pengukuran Teknik, Statistik, Mekatronika, Sistem Kendali, Getaran Mekanis, Alat Pengangkat & Pengangkut, Manajemen Produksi & Kualitas, Perawatan Mesin, Termodinamika, Mekanika Fluida, Mesin Konversi Energi, Perpindahan Kalor dan Massa.

Selain materi ilmu teknik mesin mahasiswa akan mendapatkan materi praktik, yaitu Praktikum Fisika Dasar, Proses Produksi Dasar, Pemrograman CNC, Ilmu Logam, Fenomena Dasar dan Prestasi Mesin.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!