S1 Agroteknologi

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

Program Studi Agroteknologi adalah salah satu Program Studi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas IBA yang didirikan sejak tahun 1987, hingga saat ini telah banyak menghasilkan sarjana pertanian yang unggul dalam bidang agroteknologi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, berjiwa enterpreneur dan mampu mengembangkan inovasi baru untuk memanfaatkan sumberdaya alam lokal.

 

Program Studi Agroteknologi Universitas IBA terakreditasi oleh BAN-PT dengan predikat B (SK Nomor: Akreditasi No.2073/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2022) yang berlaku hingga 12 April 2027, memiliki 3 (tiga) jalur peminatan, yaitu: Tanaman Perkebunan, Tanaman Pangan dan  Tanaman Hortikultura.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Jalur Reguler - Reguler

Reguler

20 Mei 2024 - 30 September 2024

Biaya Daftar Rp. 450.000

Prospek Karir

Profil lulusan Program Studi Agroteknologi multi karir:  sebagai Business-Enterprenuer (manajer, pelaku, dan pengusaha di bidang pertanian dan bidang lain), Government-Entrepreneur (ASN, BUMN, dan BUMD), Academic-Entrepreneur (peneliti, konsultan, dan akademisi) dan Social Entrepreneur (anggota Legeslatif, tenaga fungsional/penyuluh pertanian, LSM, dan praktisi).   

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran Program Studi Agroteknologi, antara lain Pengelolaan Air, Karakteristik dan Dinamika Lahan Suboptimal, Kewirausahaan berbasis enterpreneur, Pengeloaan Perkebunan, Bioteknologi Tanaman, Budidaya Tanaman Pangan, Budidaya Tanaman Tahunan.  Mengakomodir minat mahasiswa,  sebagai penguatan untuk Peminatan Tanaman Perkebunan dibekali mata kuliah Budidaya Tanaman Tahunan Lanjutan, Budidaya Tanaman Kakao dan Tebu, Produksi Agrofuel, Pengantar Hukum dan Agraria.  Untuk Peminatan Tanaman Pangan ada  mata kuliah Budidaya Tanaman Pangan Lanjutan, Budidaya Tanaman Serealia, Legum dan Umbi-umbian, Budidaya  Tanaman Pangan Alternatif serta Pangan dan Gizi.  Sedangkan untuk Peminatan Tanaman Hortikultura mata kuliah Budidaya Tanaman Sayur-sayuran dan Buah-buahan, Budidaya Tanaman Rempah dan Obat-obatan, Tanaman Hias dan Arsitektur Pertamanan, serta Budidaya Pekarangan.  Sebagai mata kuliah keahlian khusus, juga ada mata kuliah Pascapanen Tanaman, Teknik Perbanyakan Tanaman, Pertanian Organik Terpadu, Analisis Dampak Lingkungan, Pengelolaan Lahan Suboptimal, Konservasi Tanah dan Air, Pestisida dan Teknik Aplikasi, Pengelolaan Limbah Pertanian, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, dan Kultur Jaringan.

Mulai  Tahun Akademik 2022/2023, Program Studi Agroteknologi  menerapkan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, yaitu Program Magang, Pertukaran Pelajar dan Kewirausahaan.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!